48 Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan Dipamerkan di Galeri Nasional

48 Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan Dipamerkan di Galeri Nasional

48 Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan Dipamerkan di Galeri Nasional

Kemendikbud — Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan kembali

digelar di Galeri Nasional Indonesia (GNI). Sebanyak 48 lukisan yang menjadi karya seni dari 44 seniman dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia tanpa dipungut biaya masuk (gratis). Masyarakat dapat mengunjungi pameran ini mulai tanggal 2 s.d. 30 Agustus 2017.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun ke-72 kemerdekaan Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga akan mengirimkan surat edaran ke sekolah-sekolah, khususnya yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) agar sekolah dapat membawa siswanya berkunjung ke pameran ini.

“Sekolah bisa mengajak siswa untuk datang dan mengikuti proses pembelajaran

melalui karya lukis koleksi Istana Kepresidenan,” ujar Mendikbud saat konferensi pers di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Senin (31/7/2017). Turut hadir dalam konferensi tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan kali ini mengusung tema “Senandung Ibu Pertiwi”. Sebanyak 48 lukisan yang dipamerkan menampilkan obyek berupa pemandangan alam, fenomena kehidupan sehari-hari serta berbagai kegiatan masyarakat di segenap kepulauan Nusantara. Lukisan-lukisan yang dipamerkan itu telah dipilih oleh empat kurator seni, yaitu Asikin Hasan, Amir Sidharta, Mikke Susanto, dan Sally Texania.

Asikin Hasan, kurator Galeri Nasional Indonesia mengatakan, pameran

akan dibuka sejak pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Untuk mengantisipasi animo masyarakat yang tinggi seperti tahun lalu, jumlah pengunjung akan dibatasi, yaitu selama 20 menit untuk maksimal 75 orang dalam satu waktu kunjungan. Ketentuan tersebut juga diterapkan untuk melindungi lukisan-lukisan agar tetap terjaga dengan baik.

Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan pertama kali diselenggarakan pada tahun 2016 dengan tema “Goresan Juang Kemerdekaan”. Kepala Bekraf, Triawan Munaf mengatakan, total lukisan koleksi Istana Kepresidenan mencapai 3.000 buah. Penyelenggaraan pameran ini ditujukan agar masyarakat yang tidak bisa mengakses Istana Kepresidenan dapat tetap menikmati lukisan koleksi Istana Kepresidenan. “Tahun lalu antuasiasme masyarakat sangat tinggi,” katanya. Karena itulah pameran ini kembali dilaksanakan untuk menunjukkan Istana Kepresidenan sebagai etalase benda seni dan budaya bermutu tinggi. (Desliana Maulipaksi)

 

Baca Juga :