Didik Anak, Orang Tua dan Guru Bersikap Bijak

Didik Anak, Orang Tua dan Guru Bersikap Bijak

Didik Anak, Orang Tua dan Guru Bersikap Bijak

BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menggelar seminar parenting di Hotel Travello

Kota Bandung, kemarin (16/11). Kegiatan tersebut membahas bagaimana menjadi guru dan orang tua yang bijak dalam mendidik anak di rumah maupun di sekolah.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Abdul Gaos menyebutkan dengan terbentuknya Direktorat Pendidikan Pembinaan Pendidikan Keluarga di Kemendikbud akan lebih banyak masukan masukan konten pendidikan keluarga di sekolah dari semua jenjang pendidikan dari mulai PAUD hingga SMP.

”Kalau dulu sudah ada dan sudah dijalankan oleh sekolah. Mungkin sekarang strukturnya

lebih dijelaskan seiring dengan struktur dari Kementerian,” jelas Abdul Gaos yang juga sebagai Ketua Pokja Pendidikan Keluarga pada Disdik Kota Bandung, kemarin.

Disebutkan Gaos, tujuan dari seminar yang mereka selenggarakan untuk memberikan pemahaman ke orang tua dan guru tentang cara mendidik anak. Gaos menyebutkan hal itu merupakan tanggung jawab bersama. ”Jadi tidak serta merta orang tua hanya menyerahkan anak kepada sekolah, lalu lepas tangan. Selama di sekolah yang menjadi tugas utamanya bapak ibu guru di sekolah, tapi orang tua pun tetap memberikan pembinaan di rumah,” jelas dia.

Selain memberikan waktu khusus ke anak di rumah, orang tua juga harus memberikan perhatian

yang lebih kepada anak. Tidak harus ibu tapi semua anggota keluarga yang ada harus turut ikut andil dalam memberikan perhatian kepada anak. ”Artinya tanggung jawab itu berada di keluarga besar,” ungkapnya.

Kegiatan yang diinisiasi Forum Komunikasi Kepala Sekolah ini diharapkan memberikan dampak positif. Sehingga kegiatan kegiatan semacam itu akan lebih banyak, dan dapat disaksikan oleh orang tua, kepala sekolah dan guru Bimbingan Konseling (BK). ”Kita berupaya meningkatkan pendidikan inklusif, literasi, kemudian Bandung Masagi dan digital,” ucapnya.

Landasan empat pilar itu sebut dia, diharapakan dapat membekali anak anak untuk bisa berkembang baik daris egi akademisi, budaya dan agama. ”Dalam pembinaan bapak ibu guru di sekolah ada empat komponen yang harus di sampaikan kepada anak dan orang tua,” tutup dia

 

Sumber :

https://nashatakram.net/