Indeks Integritas Penting Untuk Perbaiki Kualitas

Indeks Integritas Penting Untuk Perbaiki Kualitas

Indeks Integritas Penting Untuk Perbaiki Kualitas

Kebijakan Kemendiknas soal sistem penilaian dan perbedaan antara nilai sekolah

dan nilai Ujian Nasional (UN) sangat relatif. Persoalannya kembali ke guru yang bersangkutan karena satu penilaian prinsipnya harus objektif dan dari kacamata mana dia melihat objektifitas itu.

Memang ada sebuah perbedaan antara nilai sekolah dan nilai UN, dan semestinya perbedaan atau perbandingan itu cuma 1 atau 2 angka namun, kalau perbedaannya sangat jauh yaitu 3, 4 atau 5 maka dimana letak cara pandang kita dalam menilai secara objektif.

Demikian pendapat Kepala SMP Negeri 6 Ambon Drs. Jan Mahulette, M.M.Pd

kepada Tribun-Maluku.com diruang kerjanya Rabu (20/5).

Soal syarat Indeks Integritas dalam penyelenggaraan UN hingga kini semua sekolah termasuk SMP Negeri 6 Ambon belum tahu karena merupakan kompetensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyusunnya.

Menurut Mahulette, Integritas adalah sebuah konsep yang menuju kepada konsistensi antara tindakan sikap dan prinsip.

Dalam etika, integrita diartikan sebagai sebuah kejujuran dari tindakan seseorang,

sehingga Indeks Integritas adalah taraf/tingkat/angka kejujuran dalam pelaksanaan suatu ujian baik sekolah maupun nasional, secara murni dan konsekuen.

Dalam menentukan taraf kejujuran sangat berkaitan dengan proses ujian, karena berhubungan dengan pembentukan karakter siswa, sekolah dan daerah untuk mencari generasi yang jujur dan konsisten.

Kebijakan Menteri Pendidikan manyampaikaan Indeks Integritas UN kepada masing-masing daerah bermaksud untuk melihat apakah pelaksanaan UN sudah jujur, benar, prinsip dan disiplin atau tidak.

Untuk menentukan Indek Integritas tidak mudah karena dilakukan secara ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sebagai contoh jika ada soal UN yang 75 persen siswa menjawab soal itu padahal bukan kunci, maka bisa merupakan indikasi belum ada kejujuran/kecurangan. Mungkin saja jawaban itu diperoleh dari siswa satu ke siswa yang lain.

Harapannya, Indeks Intergritas perlu diketahui pihak sekolah untuk mengetahui sejauh mana upaya kita terhadap siswa sehingga mereka bisa memperoleh nilai yang baik. Jika Indek Integritas yang diperoleh itu buruh maka kita perlu belajar untuk memperbaiki sistem pembelajaran di sekolah yang bermutu, berkualitas dengan mengedepankan kejujuran dan kebenaran.

Tanpa berlebihan Mahulete optimis, SMP Negeri 6 Ambon mempunyai Indeks Integritas UN cukup baik.(TM02)

 

Baca Juga :