KEBUTUHAN MENURUT SUBJEK YANG MEMBUTUHKAN

KEBUTUHAN MENURUT SUBJEK YANG MEMBUTUHKAN

KEBUTUHAN MENURUT SUBJEK YANG MEMBUTUHKAN

Menurut subjek yang membutuhkannya kebutuhan manusia dibagimenjadi dua jenis, yaitu kebutuha individu dan kebutuhan sosial.

1) Kebutuhan Individu

Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan kepuasaan pribadi (perorangan). Contohnya, sebagai seorang pelajar kebutuhan pribadi kalian meliputi seragam, sepatu, buku, pensil, dan lain-lain.

2) Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang jika dipenuhi bermanfaat untuk kepentingan orang banyak (kolektif). Kebutuhan ini berkaitan dengan kebersamaan, kesejahteraan, ketertiban, kenyamanan, kemakmuran, dan sebagainya. Contohnya, jalan raya, telepon umum, tempat ibadah, rumah sakit, dan lain-lain.

Nah setelah kalian mengetahui pembagian kebutuhan, tentunya kalian penasaran kenapa kebutuhan manusia bisa berbeda-beda dan bermacam-macam pula?

Demikian karena kebutuhan manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni :

  1. Perbedaan Keadaan Wilayah

Keadaan wilayah berkaitan dengan kondisi alam di berbagai daerah. Perbedaan kondisi alam di berbagai daerah menyebabkan perbedaan kebutuhan. Manusia akan membutuhkan barang dan jasa sesuai dengan kondisi wilayah di mana ia berada (bertempat tinggal). Coba, kalian bandingkan, orang yang tinggal di daerah pegunungan akan membutuhkan pakaian tebal untuk melindungi tubuhnya dari rasa dingin. Hal ini tentu berbeda, jika orang tersebut menetap di daerah pantai. Ia tidak akan membutuhkan lagi pakaian tebal, melainkan membutuhkan pakaian yang tipis menyesuaikan dengan suhu udara di pantai yang rata-rata panas.

  1. Tingkat Peradaban

Kebutuhan manusia akan semakin beragam, jika peradabannya semakin tinggi. Perkembangan peradaban akan membawa pengaruh pada kebutuhan hidup manusia. Contohnya, dahulu jika seseorang ingin pergi ke suatu tempat harus berjalan atau dengan mengendarai kuda atau lembu dan sebagainya. Setelah peradaban maju, manusia dapat memanfaatkan hasil teknologi seperti sepeda, sepeda motor, mobil, atau pesawat.

  1. Agama

Bermacam-macam agama yang ada, mengakibatkan timbulnya perbedaan kebutuhan. Contohnya, perayaan hari besar bagi umat Hindu akan membutuhkan barang-barang kebutuhan khusus, misalnya bunga dan buah-buahan. Sementara umat Buddha membutuhkan hoi dalam menjalankan ibadahnya. Demikian juga pada perayaan hari besar umat Kristen dan umat Islam. Mereka akan membutuhkan pohon natal saat hari natal, dan umat Islam akan membutuhkan ketupat saat Hari Raya Idul Fitri.

  1. Adat Istiadat

Perbedaan kebutuhan juga dipengaruhi oleh adat istiadat daerah yang bersangkutan. Misalnya, adat pernikahan di Jawa akan berbeda dengan adat pernikahan di Bali ataupun di Minangkabau, sehingga barang-barang yang dibutuhkan berbeda pula. Acara-acara ritual di berbagai daerah juga membutuhkan barang-barang kebutuhan khusus.

  1. Perkembangan IPTEK

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) memegang peranan penting dalam mempengaruhi beragamnya jenis kebutuhan manusia. Orang yang berada di tempat dengan perkembangan IPTEK yang pesat akan berbeda dengan orang yang tinggal di daerah yang IPTEk nya biasa-biasa saja. Contoh konkretnya orang yang tinggal di pedesaan menganggap kepemilikan perangkat komputer adalah sesuatu yang mewah, namun orang yang tinggal di perkotaan dengan perkembangan IPTEK yang pesat akan menganggap kepemilikan perangkat komputer sebagai suatu hal yang penting untuk menunjang kehidupannya dalam memperoleh informasi dan menunjang kehidupannya sehari-hari.

Sumber : https://dogetek.co/