Makna dan Pengertian Pancasila

Makna dan Pengertian Pancasila

Makna dan Pengertian Pancasila

Pancasila

ialah ideologi dasar negara Indonesia yang asalnya dari ajaran budha dalam kitab tripitaka 2 kata: “panca” yaitu “lima” dan “syila” yang memiliki arti “dasar”. Jadi, Pancasia memiliki maksa 5 aturan tingkah laku yang penting. Adanya kata Pancasila sudah sejak lama dikenal yaitu sejak zaman kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dimana terdapat sila-sila yang ada dalam Pancasila sudah diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat ataupun dikalangan kerajaan meskipun sila-sila tersebut belum untuk dirumuskan secara konkrit.

Menurut kitab Sutasoma

yang dikarang oleh Mpu Tantular, Pancasila memiliki arti “pelaksanaan kesusilaan yang lima” atau “berbatu sendi yang lima”. Pancasila dipakai untuk menjadi dasar guna mengatur segala bentuk arah serta gerak dari pemerintahan negara yang memiliki tujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan yang ada dalam bernegara. Arti lambang pancasila penuh akan makna. Fungsi pancasila salah satunya merupakan asas kerohanian tertib hukum di Indonesia

Dalam proses merumuskan Pancasila

tersebut pada awalnya saat sidang BPUPKI yang pertama dan dipimpin oleh dr. Radjiman Widyodiningrat. Pada kala itu, beliau memberikan sebuah saran supaya ada seseorang yang dapat memberikan ide rumusan terkait dasar negara Indonesia yang kemudian akan dibuat nantinya. Lalu, muncullah 3 pembicara yaitu Soekarno, Mohammad Yamin, dan Soepomo. Tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI tersebut, Ir. Soekarno menyampaikan pidato secara lisan tentang rumusan dasar negara Indonesia.

Lalu guna memberikan nama “Pancasila”

hal inilah menurut Ir. Soekarno atas masukan dari seorang temannya yang merupakan seorang ahli bahasa. Akhirnya pada 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan yaitu Undang-undang Dasar 1945 termasuk pembukaan yang mana di dalamnya terdapat isi rumusan tentang 5 prinsip sebagai satu dasar negara yang kemudian dinamai dengan Pancasila. Fungsi pancasila bagi bangsa Indonesia sangatlah penting.


Baca Artikel Lainnya: