Membuat Append Query pada Access 2007

Membuat Append Query pada Access 2007

Membuat Append Query pada Access 2007

Append query digunakan untuk menambah record dari satu atau beberapa tabel ke satu atau beberapa tabel. Append Query juga bisa digunakan sebagai backup data untuk Delete Query. Delete Query digunakan untuk menghapus record dan Append Query untuk mengembalikan record yang dihapus.
Kali ini kita akan membuat backup untuk data penjualan barang yang kurang dari 5000. Pada postingan sebelumnya kita telah mempelajari tentang delete query, jadi sebaiknya anda melihat dulu Membuat Delete Query pada Access 2007 dan download databasenya sebagai contoh latihan.

Pada tab Create, di group Other, pilih Query Design.

Pada kotak dialog Show Table, masukkan semua table dengan klik add. Masukkan field nota, tanggal dari tabel penjualan, nama dari tabel karyawan, nama, harga dari tabel barang, dan jumlah dari tabel detail dengan cara double klik pada field pada tabel.

Tambahkan kolom total penjualan dengan memberikan ekspresi pada field. Letakkan kursor pada field kosong di sebelah harga. Kemudian pada menu Design, di group Query Setup klik Builder.

Pada kotak dialog Expression Builder, ketikkan “Total: [barang]![harga]*[detail]![jml]”, seperti gambar di bawah.

Total adalah nama field yang ditambahkan
[barang]![harga] adalah field harga pada tabel barang
[detail]![jml] field jml pada tabel detail. Kemudian klik OK.

Pada kolom criteria di field Total isi dengan <5000 artinya kita akan menambahkan record yang totalnya kurang dari 5000.

Untuk melihat hasil sementara atau record yang dihasilkan dari make table query, klik Datasheet View pada tab Design – group Result.

Kembali ke tampilan Design View. Pada tab Home di group View pilih Design View.

Pada tab Design, di group Query Type, pilih Append Query.

Pilih tabel Rekap Penjualan sebagai table tujuan untuk menambahkan record.

Simpan Query, kemudian bila anda menjalankan query akan ada dua pesan hanya untuk memberikan informasi bahwa kita akan menambahkan record baru. Klik OK.

Bila anda menjalankan Append Table Query dua kali maka pada tabel akan ditambahkan record sebanyak dua kali.

Sumber : https://filehippo.co.id/