Pengertian Ekspor Dan Impor Serta Tujuannya

Pengertian Ekspor Dan Impor Serta Tujuannya

Pengertian Ekspor

Pengertian Ekspor

Ekspor adalah penjualan barang keluar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas dan syarat penjualan lainya, dimana telah disetujui oleh kedua belah pihak, yaitu eksportir dan importir.

Proses ekspor pada umumnya adalah tindakan untuk mengeluarkan barang atau komuditas dari dalam negeri untuk memasukanya ke negara lain. proses ekspor secara besar umumnya membutuhkan campur tangan dari bea cukai dinegara pengirim maupun penerima.

Ekspor juga merupakan bagian penting dari perdagangan internasional untuk saling bekerja sama guna memenuhi kebutuhan masing-masing negara. biasanya dalam proses ekspor dan impor membutuhkan berbagai syarat dan ketentuan yang rumit, demi keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Pengertian Impor

Impor adalah proses pembelian barang atau jasa asing dari suatu negara kenegara lain. sama seperti ekspor, dimana membutuhkan campur tangan dari bea cukai di dua negara yang melakukan transaksi. jika perusahaan menjual produk-produknya secara lokal, maka perusahaan tersebuta akan mendapatkan manfaat karena harga yang lebih murah dengan kualitas yang lebih bagus dibandingkan pasokan dalam negeri.

Tujuan Ekspor dan Impor

1. Tujuan Ekspor adalah untuk mengendalikan harga produk ekspor dalam negeri dan menciptakan iklim usaha yang kondosif serta menjaga kestabilan kurs valuta asing.

2. Tujuan impor adalah mengurangi keluarnya devisa keluar negeri, memperkuat posisi neraca pembayaran dan memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Manfaat Ekspor dan Impor

1. Manfaat ekspor adalah untuk memperluas pasar, menambah dan memperluas devisa negara, mengendalikan produk dalam negeri, meningkatkan lapangan pekerjaan dan menjalin kerjasama antar negara.

2. Manfaat impor adalah untuk memperoleh produk barang atau jasa yang tidak ada atau tidak bisa dihasilkan oleh negara, untuk memperoleh tekhnologi modern guna membantu proses produksi dalam negeri serta untuk mendapatkan bahan baku yang lebih berkualitas.

Artikel terkait :