Seting Penelitian

Table of Contents

Seting Penelitian

Seting Penelitian

Lokasi Penelitian

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan di SDN Telaga Asih 06 Cikarang Barat yang berlamat di jalan Raya Telaga Asih No. 25 Desa Telaga Asih Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi Propinsi Jawa Barat.

  1. Waktu dan Lama Penelitian

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan oleh peneliti selama 4 (empat) bulan yaitu dari bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2015 dengan 2 siklus kegiatan. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal dan 24 Agustus 2015 dan siklus yang kedua dilaksanakan pada tanggal 24 September 2015.

  1. Subyek Penelitian

Subyek penelitan adalah guru kelas yang ada di lingkungan SDN Telaga Asih 06 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi yang merupakan tempat penulis bertugas sehari-hari. Adapun jumlah guru kelas yang dijadikan subyek penelitian adalah sebanyak 17 orang.

Alasan Peniliti memilih subyek penelitian dikarenakan secara keseluruhan, guru pada umumnya memiliki kemampuan penggunaan komputer yang sedang, sehingga perlu ditingkatkan lagi.

  1. Rancangan Penelitian

Langkah-langkah PTK yang Peneliti laksanakan merupakan satu siklus yang terdiri dari empat tahap sesuai dengan langkah-langkah PTK yang dikemukakan oleh Wardhani (2008), yaitu merencanakan perbaikan, melaksanakan tindakan, mengamati (observasi), dan melakukan refleksi.

Sesuai dengan langkah-langkah PTK maka pada tahap awal, Peneliti mempersiapkan materi yang akan disajikan, menyusun perencanaan pembelajaran komputer, serta menyiapkan alat dan media pembelajaran yang sesuai. Setelah melalui tahap persiapan, Peneliti masuk ketahap tindakan yang merupakan perbaikan pembelajaran yang dibagi masing-masing dalam dua siklus. Dan prosedur selanjutnya Peneliti melakukan pengamatan, sedangkan perosedur terakhir dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah melakukan refleksi.

Sumber : https://merkbagus.id/